RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 15 Semarang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester : XI/ Gasal
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
3.2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator : 3.1.1. Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
3.1.2. Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
3.2.3. Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
3.2.4. Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
3.3.5. Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
3.3.6. Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah memahami pokok pembahasan ini, dengan metode Active Learning Index Card Match di harapkan Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah, menunjukkan contoh perilaku, dan beriman menampilkan wujud perilakunya.
II. Metode/ Pendekatan
INDEX CARD MATCH (mencari jodoh kartu tanya jawab)
III. Sumber/ Bahan/ Alat
1. Sumber
1. Sumber
a. Buku paket PAI 2 lentera kehidupan SMA kelas XI
b. LKS PAI SMA di susun oleh Tim MGMP agama Islam kota Semarang
2. Bahan
2. Bahan
a. Materi yang terdapat pada buku panduan yang sudah disedikan
b. Pengalaman siswa yang terkait dengan materi pembelajaran
3. Alat
3. Alat
a. Spidol, white board
b. Potongan kertas untuk diberikan kepada siswa
IV. Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit (3 pertemuan)
V. Materi Pembelajaran
Iman kepada Rasul-rasul Allah
VI. Skenario Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1 ( indikator 3.1.1 dan 3.1.2 )
No | Kegiatan Pembelajaran | Pengorganisasian | |
| | Siswa | Waktu |
| Kegiatan Awal | | |
1 | Membaca Do’a dan Presensi | k | 5 menit |
2 | - Apersepsi: Mengingat kembali materi sebelumnya(perintah Al-Qur’an mengenai menyantuni kaum duafa) - Motivasi: Menceritakan secara singkat urgensi beriman kepada rasul-rasul Allah Sehingga manusia diwajibkan untuk mengimaninya. | k | 5 menit |
3 | Menyampaikan tujuan pembelajaran: siswa dapat menjelaskan fungsi rasul-rasul Allah dan tanda-tanda beriman kepadanya. | k | 3 menit |
| | | |
| Kegiatan Inti | | |
| Eksplorasi | | |
4 | Guru menerangkan materi iman kepada rasul-rasul Allah yang meliputi : · Pengertian rasul Allah · Tanda-tanda beriman terhadap rasul Allah. | k | 15 menit |
5 | Guru membagi peserta menjadi dua kelompok. Kelompok pertama peserta yang akan mendapatkan pertanyaan dan kelompok kedua mendapatkan jawaban. | k | 5 menit |
6 | Guru mengacak potongan-potongan kertas yang berisi pertanyaan dan jawaban kemudian membagikannya kepada sejumlah peserta dalam kelas. | k | 5 menit |
7 | Guru memberikan pengarahan tentang prosedur bahwa peserta akan melakukan pembelajaran secara berpasang-pasangan. | k | 5 menit |
| Elaborasi | | |
8 | Satu persatu dari peserta membacakan pertanyaan yang diperolehnya di depan kelas kemudian guru meminta untuk mencari pasangannya. | g | 20 menit |
9 | Setelah bertemu pasangannya peserta menyampaikan jawaban beserta jawabannya kepada peserta yang lain. | g | 10 menit |
| Konfirmasi | | |
10 | Guru memberikan beberapa pertanyaan yang sudah disampaikan peserta sebelumnya | k | 10 menit |
| | | |
| Kegiatan Penutup | | |
| Refleksi | | |
11 | Peserta didik dipandu oleh guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. | k | 5 menit |
12 | Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) | k | 2 menit |
Keterangan : i = Individual, k = Klasikal, g = Grup
VII. Penilaian Hasil Belajar
- Kisi-kisi soal
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Penilaian | Jumlah Soal | No Soal | |||||
Lesan | Tertulis | |||||||||
1. 2 | Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul Allah | Mendefinisikan pengertian Rasul Allah. Menjelaskan fungsi Rasul-rasul Allah Menyebutkan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah Meneladani perilaku Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | | | | | ||||
- Soal dan kunci jawaban | ||||||||||
No | Soal | Bacaan | Alasan | Skor | ||||||
a | Menurut bahasa, apa yang dinamakan rasul? | Utusan | Sesuai dengan firman Allah QS al-Hajj : 22 yang menjelaskan bahwa Allah mengutus beberapa utusan-Nya dari jenis malaikat dan manusia supaya untuk diyakini keberadaanya sebagai utusan Allah | 50 | ||||||
b | Sebutkan beberapa fungsi rasul yang kamu ketahui beserta dalilnya? | Menceritakan ayat-ayat Allah - Membawa kebenaran, berita gembira, dan peringatan. - Dan lain sebagainya. | QS Al-A’raf ayat 35 QS Fatir ayat 24, QS Yunus ayat 47, QS Ar-Ra’ad ayat 7, dan QS An-Nahl ayat 36 | |||||||
c | Sebutkan tanda-tanda beriman kepada rasul Allah menurut apa yang kamu ketahui? | Berkomitmen melaksanakan rukun islam dengan sempurna | Umat manusia berkwajiban meyakini semua rasul tanpa membedakannya. Setelah diyakini, maka ia harus mengamalkan ajarannya sesuai apa yang telah diperintahkan di dalam Al-Qur’an. | |||||||
d | Contohkan perilaku rasul yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari? | Penyantun, pengiba, suka bertaubat, rajin bersyukur, berdo’a dengan lemah lembut, penyabar, dan lain sebagainya. | Perilaku-perilaku tersebut telah disebut-sebut di dalam Al-Qur’an karena merupakan sifat-sifat yang mulia | |||||||
Semarang, 4 Agustus 2010
Guru Pamong Guru Praktikan PAI
Drs. Sadi, M.S..I Miftahuddin
NIP : 19660515 199503 1 001 NIM : 073111105
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 15 Semarang
S.Panca Mulyadi, S.Pd, M.Pd
NIP : 19630627 198803 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar