Sabtu, 26 Februari 2011

Laporan PPL


LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PROGRAM S1
SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2010/ 2011
DI SMA N 15 SEMARANG

Diajukan Untuk Melengkapi persyaratan
Penyelesaian Praktik Pengalaman Lapangan



 











Disusun Oleh
Miftahuddin, et al


FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2010
BAB I
PENDAHULUAN
a.    Urgensi Praktik Pengalaman Lapangan
Guru menurut kebanyakan para  pemikir pendidikan, karena peran vitalnya secara langsung mendidik anak bangsa, sering diistilahkan sebagai jiwa bagi tubuh  pendidikan. Artinya, proses pendidikan yang ada di Negara kita ini tidak akan berarti apa-apa tanpa hadirnya seorang guru. Sehingga apapun model  kurikulum, bagaimanapun sistem pembelajarannya, seperti apapun paradigma yang diberlakukan, itu semua tidak akan berdampak pada kemajuan bangsa ini kecuali gurulah sebagai penentunya.
Di negara manapun, termasuk Indonesia, sistem pemerintahannya lebih banyak bergantung dan mengandalkan lembaga pendidikan  yang namanya sekolah untuk mejadi komponen utama dalam melaksanakan agenda pendidikan nasional. Oleh karena itu, sekolah diberi legtmasi  penuh  dalam mengelola penerus bangsa dan diberi kepercayaan secara penuh pula dalam menentukan keterdidikan sebuah bangsa. Sehingga dari sinilah muncul sebuah adagium bahwa kemajuan bansga sangat ditentukan oleh Keberhasilan sekolah dalam membina peserta didiknya dan keberhasilan sekolah tidak sedikit dipengaruhi oleh kiat masing-masing guru di kelas. Bagaimana negara bisa maju jika seorang guru saja tidak cakap mendidik peserta didiknya? Bisa dipastikan kegagalan guru dalam mendidik satu peserta didiknya saja akan menghambat selangkah majunya  bangsa ini.
Oleh karena itu, karena sangat urgen peran guru di kelas, maka dalam rangka mencerdaskan bangsa, Fakultas Tarbiyah turut memberikan andil merealisasikan tujuan tersebut. Fakultas Tarbiyah merupakan salah satu fakultas di IAIN Walisongo Semarang yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga ahli Guru Agama Islam. Diantara misinya adalah berusaha meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru dalam bidang pendidikan Islam, yang terdiri dari Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Kependidikan Islam (KI), dan Tadris MIPA (Program Studi Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Bahasa Inggris), serta Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).


Tugas tersebut dapat dilakukan secara profesional, apabila mahasiswa dibekali seperangkat ilmu maupun pengalaman baik yang bersifat teoritis maupun praktis. Pengalaman teoritis telah diberikan melalui sistem perkuliahan dalam berbagai ilmu seperi ilmu agama Islam, ilmu bahasa, ilmu kependidikan, psikologi, ilmu keguruan, serta ilmu penunjang lainnya. Sedangkan pengalaman praktis diberikan melalui kegiatan praktik lapangan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program akademik Fakultas Tarbiyah yang harus diikuti oleh semua mahasiswa dari semua jenis program (S1 reguler, Kualifikasi, dan Akta IV). Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan memperluas cakrawala mahasiswa dalam pembentukan kompetensi pedagogik, profesional, personal, maupun sosial sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan, sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan di sekolah, yang meliputi pengelolaan pembelajaran dan wawasan kependidikan secara mamadai. Dengan demikian melalui kegiatan praktik pengalaman lapangan para mahasiswa mampu membimbing, mendorong, dan membangkitkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar dan dalam mengatasi problema hidupnya. Selain itu mahasiswa juga bisa membangun komunikasi baik secara personal maupun sosial.
PPL mahasiswa Fakulas Tarbiyah memiliki kekhususan dibandingkan mahasiswa LPTK lainnya. Sebab, tujuan pendidikan agama Islam tidak semata-mata memberikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan melaksanakan ibadah agama saja, tetapi juga menanamkan rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta mengembangkan kepribadian peserta didik menjadi manusia yang berakhlaqul karimah. Demikian juga bagi mahasiswa jurusan Tadris (MIPA), mereka tidak hanya sekadar mengajarkan ilmunya kepada para siswa, tetapi juga berkewajiban menginternalisasikan nilai-nilai agama melalui materi yang diajarkan.
Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, maka kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dipandang sangat urgen, karena memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai, antara lain:
1.       Membimbing mahasiswa ke arah terbentuknya pribadi yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperlukan dalam pembentukan profesi Guru.
2.       Melatih dan meningkatkan kompetensi keguruan mahasiswa agar dapat terampil melaksanakan tugas-tugas kependidikan, baik yang bersifat edukatif, administratif, maupun layanan bimbingan keagamaan dan kesiswaan.
3.       Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat memahami keberadaan lembaga pendidikan dengan segala permasalahannya baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun pengelolaan sekolah secara umum.
4.       Menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama kelembagaan antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah latihan.

b.    Gambaran Umum SMA N 15





BAB II
ORIENTASI KAMPUS/ PEMBEKALAN (COACHING)

A.    Pembekalan PPL (coaching)
Dalam menyambut agenda besar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan tiap semester bagi mahasiswa yang sudah  memenuhi persyaratan ini banyak persiapan yang sudah dilaksanakan. Di samping persiapan administratif, ada juga yang bersifat teknis. Salah satu yang bersifat teknis disampaikan dalam kegiatan Pembekalan (coaching). Coaching diadakan sebelum pemberangkatan sebagai bekal mahasiswa praktikan. Untuk pembekalan mahasiswa praktikan semester gasal tahun akademik 2010/2011 ini diadakan 4 hari sebelum pelaksanaan PPL, yaitu tepatnya hari kamis tanggal 15 Juli 2010 yang dilaksanakan di Auditorium 1 kampus 1 IAIN Walisongo Semarang.
Coaching ini secara kolektif bertujuan untuk memberitahu mahasiswa praktikan atas berbagai informasi menyangkut keadaan dan kebutuhan di lapangan. Dari mulai pembagian sekolah latihan, penerapan nilai-nilai etika waktu pelaksanaan PPL, sampai penyusunan laporan. Oleh karena itu, secara prosedural  Coaching ini sangatlah penting karena menyangkut tata laksana PPL yang diharapkan.
Coaching mahasiswa praktikan PPL sebelum diterjunkan di sekolah praktik menurut panitia penyelenggara PPL meliputi:
1.    Penyegaran kembali prinsip-prinsip dasar kependidikan atau keguruan, antara lain mengulas kembali kode etik keguruan, ketrampilan dasar mengajar, metode pembelajaran aktif, serta sistem pemilihan dan penyusunan rencana pengajaran.
2.    Pemberian informasi mengenai sekolah latihan dengan berbagai situasi dan kondisinya.
3.    Penyajian materi administrasi dan supervisi pendidikan.
4.    Pembekalan informasi mengenai langkah-langkah PPL dan penyusunan laporan PPL.
Beberapa tujuan di atas dianjurkan bagi mahasiswa praktikan untuk dapat memenuhinya dalam waktu yang sudah ditentukan. Secara eksplisit tujuan-tujuan tersebut mempunyai tujuan memberikan pengalaman secara langsung terhadap kompetensi guru dan melihat secara nyata fenomena pendidikan selama ini.

B.     Micro Teaching (praktek pengajaran micro)
Selain coaching, ada juga persiapan yang jauh-jauh hari sudah dipersiapkan sebelumnya dengan matang, yaitu Micro Teaching. Pengajaran micro ini merupakan latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan dengan situasi dan kondisi yang diciptakan sendiri. Maksudnya, dalam satu kelas ada mahasiswa yang bertugas menjadi guru sedangkan mahasiswa yang lainnya menjadi peserta didik. Performa yang ditunjukkan masing-masing mahasiswa harus sesuai dengan tugasnya. Artinya, yang bertugas menjadi guru harus selayaknya menjadi guru yang sesuangguhnya. Begitu juga dengan mahasiswa lain yang menjadi peserta didik harus bersikap layaknya peserta didik yang sebenarnya
Micro teaching mahasiswa PPL semester gasal tahun akademik 2010/2011 secara akademik dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan aktif berbobot 2 sks selama satu semester. Micro teaching dilakukan di Laboratorium Micro Teaching Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Micro Teaching ini merupakan praktik mengajar yang terfokus pada praktik pengalaman. Pengajaran micro yang diterapkan oleh fakultas Tarbiyah bisa dikatakan pengajaran yang berbentuk latihan mengajar dalam skala terbatas (kelas khusus). Hal ini bertujuan sebbagai sarana menerapkan keterampilan masing-masing mahasiswa dalam mencapai standar kompetensi guru dalam mengajar.
Adapun target keterampilan dasar pengajaran micro Fakultas Tarbiyah menurut pengelola laboratorium Micro teaching antara lain meliputi:
- Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
- Menjelaskan materi
- Memberi pertanyaan
- Mengoperasikan berbagai multi media yang tersedia
- Mengelola kelas
- Mengadakan variasi
- Memberi penguatan (reinforcement)
- Kemampuan melaksanakan evaluasi hasil belajar.
Di samping sudah diterapkan standar kelulusan pengajaran micro ini, mahasiswa yang mengikuti Micro teaching ini juga akan mengetahui segala kelebihan beserta kekurangan yang ada untuk dikembangkan menurut acuan standarisasi guru. Oleh karena itu, pada akhir akhir pengajaran micro ini setiap mahasiswa akan mendapatkan kepingan CD rekaman masing-masing sewaktu mengajar yang dihahrapkan akan lebih baik dalam pengajaran secara nyata.
C.    Real Teaching
Real teaching merupakan inti dari pelaksanaan PPL. Real Teaching adalah praktik mengajar secara langsung di sekolah latihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan dengan peserta didik yang sesungguhnya. Adapun siswa asli adalah siswa SMA Negeri 15 Semarang Kelas X, XI dan XII. Demi memenuhi target, Fakultas Tarbiyah menetapkan peraturan bahwa real teaching harus dilaksanakan mahasiswa praktikan minimal 10 kali pertemuan (tatap muka).
Dalam pelaksanaan PPL ada beberapa ketentuan yang harus terpenuhi, sebagai berikut:
1.      Personal Praktik
Personal Praktik PPL terdiri atas mahasiswa praktikan, Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
2.      Mahasiswa Praktikan
Mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo yang telah memenuhi persyaratan meliputi:
a.       Terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Tarbiyah.
b.       Mendaftarkan diri sebagai peserta PPL sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara PPL dan membayar biaya pelaksanaan PPL yang telah ditentukan.
c.       Khusus mahasiswa S1 reguler, peserta PPL harus mencapai kredit semester sekurang-kurangnya 100 sks dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00. Syarat lain terkait hal itu adalah mahasiswa harus lulus dengan nilai sekurang-kurangnya 2,0 atas mata pelajaran sebagai berikut:
1)      Jurusan PAI
a)      Manajemen Pendidikan
b)      Ilmu Pendidikan (Islam)
c)      Metodologi Pembelajaran PAI
d)     Perencanaan Sistem PAI
e)      Pengembangan Sistem Evaluasi PAI
f)       Telaah Kurikulum PAI Tingkat Menengah
g)      Pembangunan PAI Tingkat Menengah
h)      Pengembangan Kurikulum PAI
i)        Micro Teaching
j)        Dirosah Agama Islam.
2)      Jurusan Tadris Program Studi MIPA
a)      Ilmu Pendidikan
b)      Psikologi Pendidikan
c)      Manajemen Pendidikan
d)     Strategi Belajar Mengajar
e)      Telaah Kurikulum SMA DAN SMA
f)       Dasar Proses Pembelajaran II dan II
g)      Evaluasi Pembelajaran
h)      Micro Teaching
i)        Dirosah Agama Islam
3)      Jurusan Tadris Prodi Bahasa Inggris
a)      Ilmu Pendidikan
b)      Psikologi Pendidikan
c)      Manajemen Pendidikan
d)     Curriculum Material Development (CMD)
e)      Curriculum & Instruksional Development (CID)
f)       Language Testing
g)      Foreign Language Teaching Media
h)      TEFL I
i)        TEFL II
j)        English Language Teaching (ELT) for Young Learners
k)      Micro Teaching
l)        Dirosah Agama Islam
4)      Mengikuti kegiatan pra PPL, yaitu pembekalan (coaching)
5)      Mahasiswa peserta praktik pengalaman lapangan berkewajiban:
a)      Mematuhi semua peraturan akademik yang ditetapkan oleh Fakultas Tarbiyah dan sekolah latihan.
b)      Melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan tertib dan penuh kesungguhan yang meliputi:
(1)            Kegiatan orientasi kampus
(2)            Upacara pemberangkatan
(3)            Penyerahan dan penarikan
(4)            Orientasi dan observasi di sekolah latihan
(5)            Kegiatan pembelajaran model
(6)            Latihan dan uji praktik pembelajaran
(7)            Kegiatan administrasi dan pengelolaan pendidikan
(8)            Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler secara aktif
(9)            Pemanfaatan waktu yang ada sebaik-baiknya
(10)        Membantu kelancaran informasi dari Fakultas ke sekolah latihan dan sebaliknya
(11)        Menyusun laporan praktikum pengalaman lapangan
(12)        Membentuk pengurus kelompok praktikan
(13)        Memakai pakaian / busana, dengan ketentuan:
(a)    Pakaian Upacara Pemberangkatan PPL
a.       Pria
(a)    Berbaju putih lengan panjang
(b)   Celana panjang warna hitam
(c)    Berdasi dan berjaket almamater
(d)   Bersepatu hitam dan berkaos kaki
b.      Wanita
(a)    Berbaju putih lengan panjang
(b)   Rok panjang warna hitam
(c)    Berjaket almamater
(d)   Berjilbab warna putih
(e)    Bersepatu hitam dan berkaos kaki
(b)   Pakaian Harian
a.       Pria
(a)    Berbaju putih lengan panjang
(b)   Celana panjang warna hitam
(c)    Berdasi
(d)   Bersepatu dan berkaos kaki
b.      Wanita
(a)    Berbaju putih lengan panjang
(b)   Rok panjang warna hitam
(c)    Berjilbab warna hitam
(d)   Bersepatu dan berkaos kaki
Adapun mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang melaksanakan PPL di SMA Negeri 15 Semarang adalah sebagai berikut:
No
Nama
NIM
Jurusan
1
Achmad Zaini                    
073111006
PAI
2
Faisal Nur Hidayat             
073111045
PAI
3
Miftahudin        
073111105
PAI
4
Khanafi                               
073511014
Tadris Matematika
5
Aminatun Niza                    
073511052
Tadris Matematika
6
Emi Masruroh                     
073511054
Tadris Matematika
7
Nidaul Choiriyah                 
073511063
Tadris Matematika
8
Susi Nur Chanifah               
073511029
Tadris Fisika
9
Yanto                                   
073611044
Tadris Fisika
10
Sri Eli Umul Maghfiroh 
073711018
Tadris Kimia
11
Miftakhul Munir                  
073711024
Tadris Kimia
12
Achor Arofiq                       
073811044
Tadris Biologi
13
Lia Akhsanti                       
073811049
Tadris Biologi
14
Nur Aini                              
073811053
Tadris Biologi
Tabel.1. Daftar nama mahasiswa praktikan

Daftar Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
No
Nama DPL
NIP
1
Andi Fadllan, S.Si., M.Sc.
19800915 200501 1 006
2
Nur Khasanah, S.Pd., M.Kom.
19751113 200501 2 001
3
Saminanto, S.Pd., M.Sc.
19720604 200312 1 002
4
Dra. Ani Hidayati, M.Pd.
19611205 199303 2 001
5
Ratih Rizqi Nirwana, S.Si., M.Pd.
19810914 200501 2 003
Tabel.2. daftar Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Daftar Guru Pamong
NO
NAMA
NIP
JABATAN
1
Drs. Trimanto                                    
19550711 198703 1 002
Guru Pamong PAI
2
Drs. Sadi, M.S.I
19660515 199503 1 001
Guru Pamong PAI
3
Sutardi, S. Pd             
19650123 198803 1 001 
Guru Pamong Matematika
4
Dra. Sri Wigati                                   
19621104 198803 2 004
Guru Pamong Matematika
5
Sri Purwaningsih, S.Pd                      
19630505 198502 2 001
Guru Pamong Matematika
6
Dra. Siti Fatimah                               
19590808 198603 2 012
Guru Pamong Matematika
7
Muntamah, S.Pd                               
19781015 200212 2 007
Guru Pamong Fisika
8
Siti Komariyah, S.Pd                        
19760505 200212 2 009
Guru Pamong Fisika
9
Dwi Anggraeni Ristanti, S.Pd                       
19760427 200810 2 005
Guru Pamong Kimia
10
Dra. Sri Murdiningsih                        
19600404 198703 2 007
Guru Pamong Kimia
11
Lili Zulmadara, M.Si                          
19680418 199702 2 002
Guru Pamong Biologi
12
Dra. Rochmah                                    
19570903 198602 2 002
Guru Pamong Biologi
13
Dra. Laily Suroya                               
19621107 199512 2 001
Guru Pamong Biologi
Tabel.3. daftar nama Guru Pamong
3.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan PPL
PPL dimulai mulai tanggal 19 Juli 2010 dan berakhir pada tanggal September 2010. PPL dilaksanakan di SMA Negeri 15 Semarang


BAB III
OBSERVASI  LINGKUNGAN SEKOLAH

a.    DESKRIPSI UMUM SEKOLAH LATIHAN
1.    Identitas (Data) Sekolah
Di antara banyaknya Sekolah Menengah Atas di Semarang, SMA Negeri 15 Semarang mempunyai kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata dibanding sekolah lain. Berbagai prestasi di dulang sekolah tersebut sehingga membawa para peringkat sekolah salah satu sekolah favorit di kota Semarang ini. Maka wajar jika akreditasi sekolah ini yang berakhir pada akhir bulan Agustus berhasil dengan lancar dengan nilai A. Sungguh merupakan kebanggaan tersendiri SMA Negeri 15 Semarang mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain.
SMA Negeri 15 Semarang secara historis, menurut data yang kami terima mulai beroperasi Tahun Pelajaran 1991/1992. Dengan berbagai upaya yang dilakukan pihak sekolah akhirnya Struktur Sekolah yang awalnya masih bergabung dengan dengan SMA Negeri 11 Semarang mampu berdiri sendiri. Terhitung mulai tanggal tanggal 2 Januari 1992, sekolah ini menempati gedung baru di Jalan Kedungmundu Raya No. 34 Semarang. Sejak mulai tahun 1992 sampai sekarang perubahan berbagai perubahan dilakukan untuk memajukan dedikasi sekolah dan menjadi sekolah unggulan yang visioner di Semarang.
Selanjutnya Tanggal 2 Januari tersebut selalu di peringati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Sekolah. Jadi sampai tahun ini umur sekolah masih relatif muda dibanding sekolah-sekolah yang lain. Tanggal 2 januari 2010 kemaren sekolah baru genap berusia 18 tahun. Umur yang belum cukup banyak, namun prestasi yang diiraih cukup membanggakan.
Untuk letak geografis SMA Negeri 15 Semarang sangat strategis. Bagaimana tidak sekolah ini terletak di tepi jalan raya yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadahi. Fasilitas transportasi pun cukup banyak melewati jalan tersebut yang melewati langsung depan sekolah, meskipun sebagian besar siswanya banyak yang memakai transportasi sendiri. Di samping itu, sekolah juga dikelilingi beberapa perumahan yang dapat menjadi sumber input siswa yang memadai.
Sekolah ini juga didukung oleh sarana prasarana yang memadai seperti 2 (dua) Ruang Laboratorium Komputer (multimedia), Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, Lapangan Olah Raga,  dan sarana –saran penunjang yang lain.
Dengan berbekal pengelolaan sekolah berbasis IPOO (Input-Proses-Output-Outcome), serta tenaga Guru dan karyawan yang memadai (sebagaian besar berpendidikan S-1 dan S-2) serta dengan selalu menjaga iklim sekolah yang kondusif,  dengan pembiayaan pendidikan yang memakai model subsidi silang dan beasiswa Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang serta beasiswa yang lain, maka SMA 15 Semarang siap menjawab tantangan pendidikan yaitu  mencerdaskan kehidupan bangsa,  berdasar Visi “Berprestasi, Luhur dalam Pekerti, dan Mampu Berkompetisi”.
Visi tersebut yang dilengkapi dengan Misi itulah yang menjadi kerangka segenap keluarga besar SMA Negeri 15 Semarang dalam melangkah, bekerja dan mengabdi mencerdaskan para anak bangsa yaitu para siswa yang telah dititipkan orang tuanya kepada sekolah ini untuk dididik dan dibimbing sehingga menjadi output yang berprestasi, mempunyai budi pekerti yang luhur dan mampu bersaing dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dunia kerja.
2.    Prestasi Sekolah
SMA Negeri 15 Semarang dalam kondisi usia yang masih muda telah mengalami kemajuan yang pesat. Terbukti dengan prestasi yang pernah diraih. Baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam bidang akademik pada tahun pelajaran 2001/2002 s.d. 2004/2005 mampu meluluskan siswa 100%.  Tahun pelajaran 2005/2006 siswa kelas XII lulus 98,5%, untuk tahun pelajaran 2006/2007 siswa kelas XII lulus UN 100%.
Dalam bidang non akademik, tim Paskibra SMA 15 mampu menjadi Juara Umum dengan memperoleh piala tetap pada lomba PBB dan TUB Tingkat Jawa Tengah. Dalam bidang olahraga, pesilat SMA 15 setiap tahun selalu menjadi juara pada pertandingan silat baik tingkat Kota maupun Propinsi Jawa Tengah. Demikian juga dalam bidang seni siswa SMA 15 beberapa kali menjadi juara pada lomba seni tingkat kota Semarang. Dari sisi lain SMA 15 Semarang juga memiliki guru-guru yang berprestasi.
Selain beberapa prestasi di atas masih banyak prestasi lain yang dapat membawa nama harum SMA 15 Semarang, misalnya dalam bidang olahraga Senam Irama dan  olah ragaRenang. Dalam Akademis, pada UN tahun pelajaran  2006/2007,  dalam mata pelajaran   Matematika, SMA Negeri 15 Semarang mampu meraih 5 (lima) besar Kota Semarang. Ekstra Kurikuler favorit yang selalu mendulang prestasi di SMA Negeri 15 Semarang adalah Paskibra dan Pencak Silat.

3.    Nama-Nama Kepala SMA 15 Semarang
Kepala  Sekolah yang pernah bertugas di SMA 15 Semarang sejak sekolah ini didirikan:
1.  Sumiarsih, BA
     Periode Tahun 1992 sd 1995
2.  Drs. Gatot Bambang Hastowo
     Periode Tahun 1995 s.d 1999
3.  Dra. Andjar Prijatni, M.Si
                 Periode Tahun 1999 s.d 2002
4.   Drs. Sentot Widodo, M.Pd.
     Periode Tahun 2002 s.d 2005
5.  Drs. Hari Waluyo
     Periode Tahun 2005 s.d 2009
6.  S.Panca Mulyadi, S.Pd., M.Pd.
     Periode Tahun 2009-Sekarang                       
4.    Data Sekolah
       a.  Sekolah
                   Nama Sekolah                         : SMA Negeri 15 Semarang
                   NSS                                         : 301036305094
                   Terakreditasi                           : A (Amat Baik) Tahun 2010
                   Tahun Pelajaran Pertama         : 1991/1992 (Masih menginduk di SMA 11)     
                   Mulai Menempati Gd baru      : 2 Januari 1992
                   Status Sekolah                                    : Negeri
Alamat Sekolah                      : Jl. Kedungmundu Raya No. 34 Semarang 50276
                   Telepon                                   : (024) 6719871;  Fax. (024) 76738440
                  
c.   Siswa
       1. Kondisi Sswa

TAHUN                   JUMLAH SISWA      RASIO SISWA YANG DITERIMA  PENDAFTAR                      PERBANDINGAN

2001 – 2002             672                              239 ; 584         1: 2
2002 – 2003             672                              240 ; 414         1: 2
2003 – 2004             736                              260 ; 580         1: 2
2004 – 2005             781                              240 ; 697         1: 3
2005 – 2006             844                              317 ; 616         1: 2
2006 – 2007             886                              304 ; 776         1: 3

       2. Komposisi Siswa Tahun 2006 / 2007
KELAS        JUMLAH KELAS     JUMLAH SISWA
X                  7                                  `306
XI. IA          4                                  171
XI. IS           3                                  138
XII. IA         4                                  175
XII. IS         2                                  89
      
       3. Data NEM In Put / Masukan Kelas X
TAHUN          NEM TERTINGGI NEM TERENDAH NEM RATA-RATA
2001 – 2002    43,89                        38,88                           40,56
2002 – 2003    43,37                        37,01                           38,76
2003 – 2004    40,02                        37,08                           40,02
2004 – 2005    26,00                        18,00                           19,38
2005 – 2006    27,67                        14,83                           23,07
2006 – 2007    27,40                        17,27                           24,36

       4. Data Out Put / Keluaran Kelas XII.
Tahun        Program    Nem Tertinggi           Nem Terendah            Nem Rata-Rata
2001 – 2002 IPA                 73,17               50,35                           64,05
                     IPS                  69,52               53,43                           64,06
2002 – 2003 IPA                 88,12               59,06                           71,97
                     IPS                  84,03               70,74                           53,75
2003 – 2004 IPA                 63,53               47,87                           56,31
                     IPS                  81,91               54,39                           68,04
2004 – 2005 IPA                 25,50               15,84                           21,62
                     IPS                  23,50               10,91                           19,93
2005 – 2006 IA                    27,40               15,60                           23,41
                     IS                    25,09               16,74                           21,22

       5. Data Siswa Mengulang
TAHUN       KELAS X       KELAS XI     KELAS XII    TARGET SEKOLAH
2001 – 2002             -                       -                       0                      0
2002 – 2003             1                      -                       0                      0
2003 – 2004             -                       -                       0                      0
2004 – 2005             -                       -                       0                      0
2005 – 2006             1                      -                       0                      0
2006 – 2007             1                      2                      0                      0

       6. Data Lulusan / Out Put / Tamatan
TAHUN     LULUSAN     RATA-RATA   SISWA YANG MELANJUTKAN
                               Jml       Berhasil             Target            Hasil    Target  Jml       Target
2001 – 2002           192      100%   100%     IPA= 6,41 IPS= 6,41            6,0 6,0 20,8%  90%
2002 – 2003           199      100%   100%     IPA= 7,05 IPS= 6,86            6,2 6,2 21,6%  90%
2003 – 2004           228      100%   100%     IPA= 7,17 IPS= 6,80            6,4 6,4 24,1%  90%
2004 – 2005           238      100%   100%     IPA= 7,21 IPS= 6,64            6,6 6,6 53,3%  95%
2005 – 2006           262      98,5%  100%     IPA= 7,80 IPS= 7,07            6,8 6,8 55%     95%
      
       7. Keadaan Guru
Ijazah Tertinggi        Guru Tetap (GT)         Guru Bantu (GB)        Guru Tidak Tetap (GTT)         Tphl     Jml
S – 2 1          -           1          -           2
S – 1 43        4          5          1          52
D – 3            4          -           -           -           4
Jumlah          48        4          6          1          59

.      5.  KEADAAN SEKOLAH
5.1. Sarana dan Prasarana
Tanah  dan BangunanTanah sekolah sepenuhnya milik negara dengan identitas resmi berupa sertifikat yang disimpan di Kantor Pemkot. Sekolah memiliki salinan sertifikat tersebut. Luas areal seluruhnya 7.760 m2 luas bangunan 3.677,715 m2  dan pagar 356,93 m2. Luas lahan yang sempit disikapi sekolah dengan pembangunan yang berkecenderungan ke arah vertikal (tingkat).

5.2. Gedung Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar memadai.

NO            NAMA RUANG                   UKURAN (m2)          JUMLAH
1    Ruang Kepala Sekolah            11x3 =33                     1
2    Ruang TU                               9x5=45                        1
3    Ruang Guru                            15x8=220                    1
4    Ruang Kelas                            9x6=54                        21
5    Ruang Perpustakaan               15,5x11=170,5            1
6    Ruang Lab Komputer             15,5x11=170,5            2
7    Ruang Lab Biologi                  20x10=200                  1
8.   Ruang Lab Kimia                    20x10=200                  1
9    Ruang Lab Fisika                    20x10=200                  1
10  Ruang  Lab Bahasa                 20x10=200                  1
11  Ruang OSIS                            5x5=25                        1
12  Ruang Agama                         5x5=25                        1
13  Ruang Koperasi Guru             10x5=50                      1
14  Masjid                                     16x13,5                       1
15  Pos Keamanan                                    2,2x2,15=4,515           1

5.3. Kondisi Orang Tua Tahun Pelajaran 2007/2008.
Pekerjaan dan Pendidikan.
PEKERJAAN       JUMLAH (%)             PENDIDIKAN          JUMLAH (%)
Pegawai Negeri     100 : 32,7 (X)              104 : 33 (XI)               82 : 30,7 (XII)                   SLTA/Sarjana (S2) 32,2%
TNI / Polri             13 : 4,2 (X)                  53 : 16,8 (XI)              13 : 4,2 (XII)  
SLTA/Sarjana (S2) 8,90%
Karyawan/ Swasta            142 : 46,5 (X)              111 : 35,2 (XI)            133 : 49,8 (XII)                 SLTA/Sarjana (S2) 43,5%
Pedagang              4 : 1,3 (X)                    20 : 6,3 (XI)                8 : 2,9 (XII)    
SLTA/Sarjana (S2)            3,60%
Lain-lain                46 : 15,0 (X)                27 : 8,57 (XI)              31 :  11,6 (XII)
SD, SMP, SMA, Sarjana  11,7%

6.  ANALISIS KONDISI OBYEKTIF SMA 15 SEMARANG
Berdasarkan data-data yang ada di SMA 15 Semarang tersebut dan dengan melakukan analisis data-data tersebut, maka dapat disimpulkan dalam keterangan sebagai berikut :
1     Kondisi Siswa Mulai tahun pelajaran 2001/2002 s.d. 2007/2008 jumlah peserta didik selalu mengalami peningkatan. Perbandingan antara yang diterima dengan pendaftar rata-rata 1: 3
2.    Komposisi Siswa         Jumlah peserta didik setiap kelas rata-rata di atas 40 orang siswa dengan luas ruangan yang sesuai.
3.    NEM Siswa Masuk / In Put    Mulai tahun 2001/2002 s.d 2007/2008 NEM rata-rata setiap mapel 28,184
4.    NEM Lulusan / Out Put          Mulai tahun pelajaran 2001/2002 sampai dengan tahun 2007/2008 NEM Rata-rata setiap mapel 63,03
5.    Siswa Mengulang        Siswa yang mengulang tidak lebih dari 0,1% setiap tahun.
6.    Tingkat Kelulusan       Mulai tahun 2001/2002 s.d 2004/2005 tingkat  kelulusan selalu 100%. Hanya  pada tahun 2005/2006 tingkat kelulusan 98,5% (ada 4 siswa yang TL),tahun pelajaran 2007/2008 tingkat kelulusan 100 %
7.    Kondisi Guru  Semua guru profesional sesuai dengan bidangnya. Sebagaian besar  S1, ijazah serendah-rendahnya D3 (2 orang/ 0,04%) sedangkan yang berijazah S2 ada 4 orang. Sebagaian besar (99,94 %) mengajar sesuai background guru ybs.
8.    Sarana Prasarana        
-  Lahan terbatas, luas kurang dari 1 (satu) hektar
-  Jumlah Ruang Kelas masih kurang
-  Jumlah Laboratorium IPA cukup memadai
-  Laboratorium Komputer cukup memadai
-  Belum punya laboratorium bahasa
-  Ruang perpustakaan cukup representatif
-  Lapangan  Olahraga masih  sempit/kurang luas
-  Belum memiliki aula sebagai tempat kegiatan besar
- Belum punya R.Multimedia,
- Belum punya R.Ketrampilan
- Belum punya  R. Kesenian.
9.   Kondisi Orang tua      Didominasi oleh orang tua yang berprofesi sebagai karyawan swasta dan pegawai negeri, dengan sosial ekonomi rata-rata menengah ke bawah.
                  Melalui kesimpulan di atas dapat diketahui beberapa kekuatan (Stengths) yang dimiliki, sekaligus kelemahan (Weaknesses)  yang dipunyai SMA 15 Semarang. Selanjutnya merealisasikan peluang (Opportunities) yang ada di SMA Negeri 15 Semarang untuk bergerak mengahadapi tantangan yang ada secara dinamis dan kreatif agar Visi SMA Negeri 15 yaitu “ Berprestasi, Luhur dalam Pekerti, dan Mampu Berkompetisi” dapat segera terealisisasi.

7. ANALISA SWOT
7.1. Kekuatan / Keunggulan Sekolah ( S = Strengths )
a.   Pengelolaan data dengan komputerisasi
b.   Fasilitas laboratorium komputer dan berakses internet.            
c.   Prasarana cukup memadai
d   Lingkungan Sekolah yang konduksif sehingga mendukung tercapainya                         program Sekolah
e.     Jumlah pengajar cukup dengan pendidikan rata – rata S1 dan S-2
f.    Lokasi sekolah strategis
g.   Mendapat dukungan dari masyarakat khususnya orantua siswa untuk peningkatan mutu pendidikan
h.   Dukungan dari siswa yang memiliki minat tinggi, terutama dalam hal :
o    Penguasaan materi pelajaran
o    Sebagian besar siswa mempuyai kreatifitas dan ketrampilan dalam bidang non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler
o    Mematuhi tata tertib sehingga kbm berjalan dengan lancar
i.    Komitmen warga sekolah yang tinggi
j.    Dukungan dan partisipasi masyarakat

7.2. Kelemahan dan Kekurangan Sekolah ( W = Weaknesses )
a.   Lahan sekolah terbatas
b.   Keadaan ekonomi siswa yang heterogen
c.   Sebagian guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang ada
d.   Belum memiliki laboratorium  bahasa
e.   Sebagian guru belum memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan potensinya
f.    Sebagian siswa belum mempunyai kesadaran untuk bersaing dalam bidang akademik
g.   Keterbatasan dana

7.3    Peluang Sekolah ( O = Opportunities )
a.   Dukungan dari guru – guru dalam meningkatkan mutu sekolah
b.   Dari input yang ada, siswa berkemampuan untuk meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik
c.   Mampu bersaing dalam memasuki PT
d.   Mampu menyaingi siswa dalam memasuki dunia kerja

7.4.             Tantangan Sekolah
a.  Terciptanya siswa yang mampu bersaing dengan sekolah lain dalam bidang akademik maupun non akademik
b.   Tercipta siswa yang berbudi pekerti luhur
c.   Kehidupan global yang menuntut persiapan generasi muda yang handal
d.   Ketatnya persaingan masuk PTN, maka perlu dipersiapkan tamatan  yang memiliki akademik yang tinggi
e.   Menyiapkan SMA 15 menjadi sekolah yang besar dan favorit
f.    Memiliki laboratorium bahasa.
g.   Memiliki ruang multi media

7.5.  Ancaman ( T = Threats )
a. Semakin maraknya pergaulan bebas dan penggunaan obat – obat terlarang sehingga membahayakan kehidupan generasi muda ( usia SMA )
b. Semakin eksisnya sekolah-sekolah sekitar SMA Negeri 15 Semarang, baik Sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta. Sebagai sekolah dengan usia relatif muda, perlu ekstra kerja keras agar sekolah ini tetap menjadi pilihan masayarakat.

8.  VISI, MISI dan TUJUAN

a. VISI
Visi SMA 15 Semarang “ BERPRESTASI, LUHUR DALAM PEKERTI DAN MAMPU BERKOMPETISI “
   Berprestasi mengandung pengertian meningkat dalam memperoleh nilai UN, meningkat dalam memperoleh nilai semester, meningkat dalam prestasi olahraga dan seni. Meningkat dalam prestasi lomba- lomba akademis maupun non akademis dan mampu mengadakan inovasi dalam berbagai bidang.
   Luhur dalam pekerti mengandung arti meningkat dalam pelaksanaan tata tertib sekolah, mempunyai kesantunan budi pekerti sehingga tercipta hubungan saling menghormati sesama warga sekolah, terpuji dalam masyarakat.
   Mampu berkompetisi mengandung arti menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan basis keterampilan komputer dan internet, meningkatnya tamatan yang diterima di perguruan tinggi, mampu terjun dalam masyarakat dan dunia kerja, meningkat dalam penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya untuk menyongsong era globalisasi.

b.    MISI
       Dengan selalu mendasarkan pada upaya peningkatan dedikasi dan loyalitas, maka misi SMA 15 Semarang adalah sebagai berikut :
a.   Pembinaan mental siswa melalui kegiatan keagamaan
b.   Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, efisien dengan  mengusahakan multi media dengan basis kurikulum berbasis kompetensi
c.   Menyelenggarakan perbaikan dan pengayaan
d.   Membina secara sungguh- sungguh siswa yang berbakat
e.   Menyelenggarakan pembinaan kelompok Karya Kerja Ilmiah Remaja (KIR bidang studi
f.    Mengadakan pelatihan dan bimbingan untuk melaksanakan penelitian-   penelitian sederhana
g.  Melakukan sosialisasi yang intensif tentang pelaksanaan tata tertib bagi warga sekolah.
h.   Melaksanakan kegiatan- kegiatan yang dapat mengarah pada terwujudnya perilaku santun melalui mapel- mapel yang terkait
i.    Menyelenggarakan kegiatan- kegiatan bakti sosial dalam rangka mendekatkan kepada masyarakat sekitar.
j.   Menyelenggarakan kegiatan keterampilan komputer dan internet
k.  Mengadakan tambahan pelajaran dalam bentuk program bimbingan belajar siswa kelas XII
l.    Melakukan kerjasama dengan lembaga- lembaga bimbingan belajar bagi siswa kelas XII
m. Melakukan kegiatan magang bagi siswa kelas XII
n.   Mengadakan kegiatan English Study Club pada setiap jenjang kelas yang dibimbing oleh tenaga profesional dan hal ini ditindaklanjuti sekolah dengan mengalokasikan waktu khusus yaitu English Conversation pada  MP intra kurikuler.        
o.   Mengadakan ujian praktek dan lisan ( UPL )

c.     TUJUAN SEKOLAH
       Bertolak dari Visi SMA 15 Semarang yaitu “Berprestasi, Luhur dalam Pekerti dan Mampu Berkompetisi”, serta memperhatikan Misi Sekolah maka tujuan sekolah dicanangkan sebagai berikut :
a.     Semakin mantap dan bertambahnya keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.    Membentuk guru yang profesional sehingga KBM efektif dan efesien.
c.     Memiliki karyawan yang profesional sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat guna dan tepat waktu.
d.    Meningkatnya nilai Ketuntasan Belajar Minimal ( KKM )
e.     Meningkatkan nilai UN.
f.     Bertambahnya jumlah siswa tamatan yang diterima diperguruan tinggi negeri dan  swasta favorit
g.    Menguasai komputer dan internet dengan baik dan lancar.
h.    Mampu dan terampil berbahasa Inggris sebagai upaya menuju terwujudnya                  life skill (kecakapan hidup)
i.     Memiliki tim olahraga dan kesenian yang menjuarai lomba tingkat propinsi dan nasional.
j.     Mewujudkan masyarakat sekolah yang santun dalam perilaku saling menghormati, menghargai, asah, asih, dan asuh
k.    Mewujudkan siswa yang mampu menjadi teladan di masyarakat.    
b.    Observasi Pembelajaran Model




BAB IV
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN
DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

a.    Praktik pembelajaran di kelas
b.    Praktik administrasi dan manajemen sekolah
c.    Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler
Dalam undang-undang sistem pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Untuk menunjang segala tujuan di atas, maka SMA Negeri 15 Semarang mempunyai beberapa jenis/ bidang kegiatan yang berorientasi pada skill siswa. Di antaranya yaitu :
1.      Bahasa Asing, Akuntansi, TI (sebagai pilihan)
      Sasaran:
Memberikan bekal/keterampilan untuk menguasai minimal satu bahasa asing di luar bahasa Inggris.
Strategi:
Siswa diberi kesempatan untuk mengikuti program bahasa asing dengan memilih salah satu dari bahasa asing yang tersedia (Jepang, Jerman, Perancis, dan Arab) pada setiap hari Sabtu. Bahasa Jepang, Jerman & TI terintegrasi dengan intrakulikuler.

2. Bakat minat Olahraga & Kesenian
     Sasaran:
     Menyalurkan Bakat Minat Siswa dalam bidang Olah Raga & Seni
     Strategi:
Untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa berbagai kegiatan yang  mendukung dapat dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah dan luar lingkungan sekolah  dengan bantuan pelatih professional yang meliputi:

    * Tari Tradisional/Modern
    * Sepak bola
    * Rampak Gendang
    * Soft Ball, Base Ball
    * Kolintang
    * Tenis Lapangan
    * Band
3. Program Terpadu
Untuk menempa diri siswa baik mental, fisik, disiplin, kemandirian, berfikir ilmiah, mengembangkan bakat, bersosialisasi dengan masyarakat, kepedulian sosial, ramah lingkungan, berakhlakul karimah serat berwawasan kebangsaan, SMA  Negeri 15 Semarang melalui bidang Kesiswaan mempunyai program terpadu yang merupakan ciri khas lembaga sekolah.
Kegiatan tersebut di bawah ini berlangsung sekali dalam setahun dan terjadwal dalam program kerja OSIS.
    * Studi Islam Ramadhon (SIDIROM).
    * Studi Tour Islam (STI).
    * Kegiatan Pembinaan Katolik dan Protestan (RETREAT).
    * Bazar Amal Delapan (BALAPAN).
    * Seni Internasional Delapan (SENDAL).
    * Gawenya Anak Lapan (GALA).
    * Temu sosial Ilmiah SMAndel (TESIS).
    * Sudah Dance Basket Pula (SCALA)
    * Pentas Nasyid Lapan (PETASAN)
    * Creativity and Technology in One Competition (CREATION)
Kegiatan-kegiatan yang tersebut di atas tidak saja melibatkan siswa SMA negeri 15 Semarang, tetapi siswa dari berbagai sekolah, khususnya di Semarang.
Tujuan pendidikan di atas merupakan tujuan pendidikan yang sangat ideal, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut masing-masing sekolah diberi keleluasaan diluar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah kegiatan ekstra kurikuler berupa kegiatan yang lebih menitik beratkan pada bakat dan minat siswa, untuk membentuk watak dan kepribadian yang mantap serta untuk memberikan penguasaan keterampilan yang tidak dapat diberikan dalam kegiatan pengajaran intra sekolah.
Adapun kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler yang ada pada SMA Negeri 15 Semarang adalah :
1.      Pramuka
2.      Paskibra
3.      PMR
4.      Bola Basket
5.      Musik Band
6.      Paduan Suara
7.      Modern dance
8.      Rohis
9.      ECC
10.  JC
11.  Teater
12.  Jurnalistik
13.  Kimia
14.  Matematika
Daftar Siswa yang Mengikuti Ekstra kurikuler
BASKET
  1. Ardiansyah Aswin W (6)
  2. Iqbal Kurniawan (21)
  3. Thea Paskalia Sihombing (36)
  4. Arya Rachma Darmawan (6)
  5. Hardhika Gusta Van Dama (17)
  6. Muhammad Nastabiq (21)
  7. Muhammad Rizqi Rizqullah (22)
  8. Rosikh Arsad (30)
  9. Erwin Nugroho (10)
  10. Aditya Setay Pratama (2)
  11. Etika Sandya Nugraheni (14
  12. HIdayat Putra Setiawan (17)
  13. Fidelis Alvin Basundara P (15)
  14. Fariz F.N (13)
  15. Rizky P.A (31)
  16. Taufik N (34)
  17. Angriawan Cahyo Pawenang
  18. Brian Putratama Wijaya (5)
  19. Ginza Ghibran Maulana Malik (14)
  20. Sugeng Riyanto (31)
PASKIBRA
  1. Adryan Eka Presetya Adi (1)
  2. Eka Fatmawati (13)
  3. Icha Gameli Prisma P (19)
  4. Indah Anisa Putri (20)
  5. Nadia Zulfa Rahma (25)
  6. Nur Hayati (27)
  7. Rudito Haris Pratomo (31)
  8. TiolinaYosephine Samantha P (32)
  9. Aditya Chandra Prakasa (1)
  10. Arventissa  Aulia Rizki (6)
  11. Asari Harsumrini Makno (8)
  12. Dhela Novita Anggrahini (10)
  13. Dyah Ayu Soraya Andreina (11)
  14. Fajar Diah Wardani (14)
  15. Fauzia Dwi Anggraeni (15)
  16. Mohammad Zaki Ramadhani (25)
  17. Niluh Kadek Rizki R (27)
  18. Pelangi Aprilia (30)
  19. Thea Paskalia Sihombing (36)
  20. Nailal Huda Putranto
  21. Syavira Rossenia Rahma (27)
  22. Ardy Wiradinata (2)
  23. Fernanda Chaera N (12)
  24. Ovi Nengadila (21)
  25. Ruli Rahmawati (29)
  26. Sigit Himawan (31)
  27. Wenny Octavia Pertiwi (35)
  28. Galang Satrio Utomo (13)
  29. Daian Bagus Pratama (10)
  30. Eka Reza Johan (12)
  31. Etika Sanitya Namaskara (15)
  32. Sebastianus Indra Dio P. (30)
  33. Muhammad Indra D (25)
  34. Bayu A. (4)
  35. Desy P (8)
  36. Faiz A.W (12)
  37. Hanindya RS (14)
  38. M. Rifaldi A. (20)
  39. Maharani L.S (21)
  40. Nirwan S.A. m (24)
  41. Ria Putri S. (28)
  42. Tiar A. (35)
  43. Andika Novitsari (4)
  44. Bella Trisnasetyarini (10)
  45. Durotun Nasekhah (11)
  46. Ratih Prawesti (25)
  47. Riska Mayasari (27)
  48. Andini Wildaningsih (2)
  49. Avisha Fauziah Erzad (7)
  50. Desti Ernisa Zulfa (14)
  51. Dynna Arienta Octavia (20)
  52. Lastmi Rahardianti (28)
  53. Agus Edy Cahyono (1)
  54. Aininda Maya Septiana (2)
  55. Dipta Kharisma (7)
  56. Faricha Tunjungsari (11)
  57. Muthya Amanda (22)
  58. Septin Putri Evira (30)
PRAMUKA
  1. Adryan Eka P.A (1)
  2. Ahsinunnikmah (2)
  3. Anitoya Maulida (5)
  4. Chintia Ratna F (9)
  5. Claudya Elvina M.P (11)
  6. Dicki DIka D. (12)
  7. Eka Fatmawati (13)
  8. Endra Catur P. (15)
  9. Erich Susanto (16)
  10. Icha Gamelia Prisma P (19)
  11. Indah Anita Putri (20)
  12. Indah Purnamaningsih (21)
  13. Liem Reynold Andika Sanjaya (23)
  14. Nadia Zulfa Rahma (25)
  15. Rifki Busroni (28)
  16. Rudita Haris P (31)
  17. Tiolina Yosephine S.P (32)
  18. Vinda Puspa Seruni (33)
  19. Windi Astika Putri (34)
  20. Fitri Nuri AS (16)
  21. Danal Meizantaka Daeanza (7)
  22. Davie (8)
  23. Helmi Maharani Puji Hutami (14)
  24. Retno Putri Nugraheni (27)

MODERN DANCE
  1. Anintya Maulida
  2. Novia Rahmawati (19)
  3. Putri Sucia Briliani (23)
  4. Vega Ayu Mavita (32)
  5. Mustika Arin Rahmawati (23)
  6. Riska Septy Fajaryani (27)
  7. Gityawuri Karunia Anggraini (12
  8. Riski Yunita Subagyo (30)
  9. Bella Trisnasetyarini (10)
  10. Dewi Wulandari

JURNALIS
  1. Ahsinunnikmah (2)
  2. Erich Susanto (16)
  3. Annisa Nur Hidayah (3)
  4. Sri Lestari (26)
  5. Eganda Garwahusada (11)
  6. Eka Reza Johan (12)
  7. Fitria Ardiawati Putri (16)
  8. Puji Oktaviani (25)
  9. Sintya Andryati Nurfitriyani (31)
  10. Tito Hasna Saniy (33)
  11. Yulia Mutiara Ahyadini (34)
  12. Vindiana Saputri (33)
  13. Kurniastri R. M (19)
  14. Anisa Rahmawati Raharjo (7)
  15. Mei Saputri (19)
  16. Tri Juniatnawati (33)

ECC / INGGRIS CLUB
  1. Cahyamas Arif Satria (8)
  2. Chintia Ratna Furry (9)
  3. Endra Catur (15)
  4. Ivanda Yovinsha (22)
  5. Heriska Adyaksa K (18)
  6. Setya Adi Winata (33)
  7. Siti Handayani (34)
  8. Elsa Aliffiana Putri (12)
  9. Fina Sulistyawati (15)
  10. Muhammad Rifqi Rizqullah (22)
  11. Munashikah (23)
  12. Rista Nurdiana (29)
  13. Winanda Raynadi (32)
  14. Yolanda Dwi Wardana (34)
  15. Yuli Wulansari
  16. Jihandina Fitria (16)
  17. Yudistira Ermala Putra (36)
  18. Eganda Garwahusada (11)
  19. Tito Hasna Saniy (33)
  20. Mariska Darisasalam (23)
  21. Riski Yunita Subagyo (30)
  22. Bayu A. (4)
  23. Andre S.Y (2)
  24. Maharani Lintang Siwi (21)
  25. Nirwa Suro Aji Mukti (24)
  26. RR Ryaditha Dwikki A. (27)
  27. Ria Putri S. (28)
  28. Rizki Aryani (30)
  29. Taufik N (34)
  30. Ahmad Asep Nuryanto (1)
  31. Andre Rizky Ananda (5)
  32. Annis Nur Izza Hanni (6)
  33. Bayaskara Denny Widjanarjo (9)
  34. Annisa Rahmahati Raharjo (7)
  35. Durrotun Nasekhah (11)
  36. Ratih Prawesti (25)
  37. Riska Mayasari (27)
  38. Tri Sarijantiani (34)
  39. Claudya Natasya Wibowo (9
  40. Erick Devanda (9)
  41. Ganang Setiadi (13)
  42. Luhur Bondan Pangestu (17)
  43. Muhammad Bagas Rizky (19)
  44. Surya Ruki Oktovan (32)
  45. Tria Nur Laili (34)
  46. Wisnu Widagdo (35)
  47. Yoga Bagus Satria (36)

PMR
  1. Claudy Elvino Maya Puspa (11)
  2. Arafa Laili Utami (5)
  3. Fathimah Az Zahra (13)
  4. Bahtera Afrikani Sri Wuri H. (5)
  5. Alief Prio Fitrianto (2)

THEATER
  1. VindaPuspa Seruni (33)
  2. Desi Widiastuti (9)
  3. Ristiana (23)
  4. Annisa Safai Shani (1)
  5. Bahtera Afrikani Sri Wuri H. (5)
  6. Deny Yulistiyowati (8)
  7. Midya Ayu Rully K (17)
  8. Ridha Widhiningtyas (27)
  9. Gityawuri Karunia Anggraini (12)
  10. Fadila A. (11)
  11. Elly Prasetyani (13)
  12. Nurokhmah Hadiati (21)
  13. Arika Setya Indria (4)
  14. Tifanny Urwatul W. (31)
  15. Dewi Utari (15)
  16. Yumna Adelia Failia (34)

VOLLI
  1. Aldila Nur Khoironi (3)
  2. Muhammad Rizky (24)
  3. Windi Astika Putri (34)
  4. Eddy Prabowo (12)
  5. Muhammad Yophi A (26)
  6. Eko Fajar Setiawan (13
  7. Yessy Kristinawati (33)
  8. Elangsari Primavista Putri (13)
  9. Puji Oktaviani  (25)
  10. Abdul Hafizh Maulana (1)
  11. Awan Kurniawan (8)
  12. HIdayat Putra Setyawan (17)
  13. Listyadi Yusuf Nugroho (20)
  14. Mega Destiyan Saputri (22)
  15. Singgih Mukti Wibowo (31)
  16. Ammar Mukhlis (1)
  17. Cinta Fanika Dewi (7)
  18. Desy Probowati (8)
  19. Hanindiya R.F (14)
  20. Isneini Mahmudah (18)
  21. Sisila N. P (33)
  22. Ilham Pramesywara (2)
  23. Arika Putri Widyawati (3)
  24. Binar Cahaya (6)
  25. Galang Satrio Utomo (13)
  26. Ratih Istikomah (25)
  27. Sigit Himawan (31)
  28. Wahyu Adi Santoso (34)

FUTSAL
  1. Diky Dika Daneswara (12)
  2. Rizak Ahmad Al Habsy (29)
  3. Rony Kevin Pranatal (3)
  4. Arif Asyari (5)
  5. ARvian Ciptonugroho (7)
  6. Fifaldo Adyaksa Kurniawan (32)
  7. Achmad Yasin Yusuf (1)
  8. Pulung Abiasa (26)
  9. Rosikh Arsad (30)
  10. Nur Cahya Dian Saputra (17
  11. Dewanggu Trisna P (9)
  12. Ronizam Binarda Yusuf (28)
  13. Sergio Al Habibi (30)
  14. Anggia Bagus Rachmawan (5)
  15. Aulia Adhiyajna Fathnurarka (7)
  16. Bayu Cakra Dirgantoro (8)
  17. Dian Bagus Pratama (10)
  18. Fadila Sanitya Namaskara (15)
  19. Hashfi Hawaili Abdul M (17)
  20. Sebastianus Indra Dio P. (3)
  21. Odri Gantar Uftianka (22)
  22. Andika Putra Samudra (3)
  23. Angga Bagus Surya Saputra (4)
  24. Poelung Ardi Setiawan (26)
  25. Faiz A.W (12)
  26. Imam Ma’ruf (16)
  27. M. Rifoldi A. (20)
  28. Shena Nazilniam (30)
  29. Tino Prasetyo (32)
  30. Bagaskoro (8)
  31. Fadhil Muhammad CH (22)
  32. Fiki Mahrizal (24)
  33. Ihtisyamul Firdaus (25)

BULU TANGKIS
  1. Alfian Meilano (3)
  2. Indah purnamanimgsih(21)
  3. Dwi Ernawati (11)
  4. Faadhita Fitriana Nurul Fajri (13)
  5. Muhammad Iqbal Kurniawan (20)
  6. Winanda Raynadi (32)
  7. Yolanda Dwi Wardana (34
  8. Agil Listyoaji (1)
  9. Ahmad Syarifuddin (2)
  10. Arafa Laili Utami (5)
  11. Elfan Aryo Sambodo (11)
  12. Fathimah Az Zahra (13)
  13. Nur Cahya Dian S (17)
  14. Ristiana (23)
  15. Saiful Bahri (24)
  16. Wulan Anggreini N (30)
  17. Yuliana Tungga Dewi (33)
  18. Yuninda K. I (33)
  19. Zaqia Nurussobach (34)
  20. Bahtera Afrikani Sri Wuri H. (5)
  21. Dewangga Trisna Pradipta (9)
  22. Iqbal Pratama (15)
  23. Vernando Ading Wijaya (33)
  24. Adilla Yahdiani (1)
  25. Anggraeni Agustina (6)
  26. Aulia Adhiyajna F. (7)
  27. Alfi Kurniawati (6)
  28. Davin Agung Sulistya (13)
  29. Elly Alfita Rini (11)
  30. Ammar Mukhlis (1)
  31. Fariz F. N (12)
  32. Imam Ma;ruf (16)
  33. Ira Kristianti (17)
  34. Mohammad Y.A (22)
  35. Rizky N.P (32)
  36. Akbar Zelhin Hidayat (2)
  37. Andika Bawaning Aji (3)
  38. Eka Chandra Febriyanto (12)
  39. Punky Dwi Febrianzah (23)
  40. Ramadhani Febry Setiawan (24)
  41. Rizki Afrianto (28)
  42. Denanda Prasetya  Caniago (12)
  43. Andre Putra Alvian
  44. Achmad Yasin Yusuf (1)
  45. Hardhika Gusta Van Dama (17)
  46. Alief Prio Fitrianto (2)
  47. Primadina (23)
  48. Akbar Gumelar (5)
  49. Awan Kurniawan (8)
  50. Singgih Mukti Wibowo (31)
  51. Syarif Waijiyanto (32)
  52. Wibisono Swasono (34)


PECINTA ALAM
  1. Liem Reynold Andika Sanjaya (23)
  2. Annisa Nur Hidayah (3)
  3. Berinda Sylvia Raganatha (7)
  4. Rahayu Ningrum (20)
  5. Tyfanytan Sutianto (29)
  6. Aditya Setya Pratama (2)
  7. Amir Hamzah (4)
  8. Anggraeni Agustina (6)
  9. Elangsari Primavista P (13)
  10. Muhammad Rizki S (22)
  11. Surya Hadi Saputra (32)
  12. Primadina (23)
  13. Danang Nur Cahono (9)
  14. Devi Setiadi (10)
  15. Linga Baskara (22)
  16. Muhammad Indra D (25)
  17. Azhar Annas (9)
  18. Mega Destiyan Saputri (22)

JAPAN CLUB
  1. Indri Wulansari (19)
  2. Nimas Ayu Alima S. D (28)
  3. Oscar Alvin A.D (29)
  4. Rachma Aini T (31)
  5. Arika Setya Indria (4)
  6. Atin Nurjanah Yuniarti (8)
  7. Hana Nabila Syifa (16)
  8. N I Made Sri Indriani Dyatmika (25)
  9. puput Ratri Cahya Ningrum (27)
  10. Yulia Alfiani (35)
  11. Bagas Prasetya Aji (4)
  12. Jihan Dina Fitria (16)
  13. Muhammad Putra Prasetyo (18)
  14. Novia Rahmawati (19)
  15. Nurhalimah Lintang Suryani (20)
  16. Bahtera Afrikani Sri Wuri H. (5)
  17. Danal Meizantoko Daeanza (7)
  18. Ermi Nofitasari (10)
  19. Rochman Indah Kusuma (27)
  20. Rifki Busroni (28)
  21. Andre S.Y (2)
  22. Fadila A. (11)
  23. Nur S. (25)
  24. Rizki Aryani (30)
  25. Anissa Asmarani (4)
  26. Anita Dian Pertiwi (5)
  27. Denier Lady Chrishand (13)

TIK

  1. Indriana Rizky Y (20)
  2. Rifaldo Adyaksa K (32)
  3. Arya Rachma Darmawan (6)
  4. Puput Ratri Cahya Ningrum (27)
  5. Yulia Alfiani (35)
  6. Izzaturisinah (16)
  7. Nurifaturohmah (20)
  8. Nurohmah Hidayati (21)


SILAT

  1. Islam Timur Meianto (23)
  2. Bambang Restiyanto (10)
  3. Pulung Adiaksa (26)
  4. Jihandina Fitri (16)
  5. Midya Ayu Kencana (17)
  6. Nur Halima Lintang Suryani (20)
  7. Ragil Budi Zulfani (24)
  8. Restu Pratomo (26)
  9. Elly Alfita Rini (11)
  10. Febry Nur Prabowo (14)
  11. Tiar Anjani (35)
  12. Mohammad Iqbal (32)
  13. Yusuf Ananta (35)
  14. Muhammad Nur Bahari

BTA

  1. Syifa’ Mufidah
  2. Kurnia Dewi (17)


SENI LUKIS

  1. Achmad Yasin Yusuf (1)
  2. Hardhika Gusta Van Dama (17)
  3. Rahayu Ningrum (20)
  4. Syavira Rossenia Rahma (27)
  5. Amalia Nur Laila (3)
  6. Ira Kristianti (17)


KIR

  1. Agil Listyoaji (1)
  2. Fitria Ardiawati Putri (16)
  3. Sintya Ardyanti Nurfitriyani (31)
  4. Nirwan S.A.M (24)



KIMIA

1.      Kurnia Adi Prasetyo Negoro(23)



ROHIS

  1. Bayu A. (4)
  2. Muhammad Y.A (22)
  3. Taufik N (34)
  4. Penny Fitriastuti (22)
  5. Zainul Ilyas (36)


MATEMATIKA

  1. Andre Y.S
  2. Iman Ma’ruf (16)


Dari sekian kegiatan Ekstra kurikuler pihak tim PPL diminta untuk membantu kegiatan yang antara lain :
-          Kegiatan Isra’ Mi’raj yang diadakan pada 7 Agustus 2010
-          Kegiatan ekstra kurikuler rohaniawan islam
-          Kegiatan pelantikan anggota baru rohis yang diadakan pada tanggal 9 Agustus 2010 yang diisi oleh Tim PPL waktu season renungan malam.
-          Pesantren kilat yang diadakan pada tamggal 30 Agustus s/d  1 September 2010, tim PPL diminta untuk menjadi pengawas dalam pelaksanaan sholat dluha dan tadarrus bersama di Masjid Nurul Iman.
-          Buka bersama yang diadakan pada tanggal 1-3 September 2010, tim PPL diminta untuk menjadi Imam shalat tarawih, mengisi mau’idzoh hasanah dengan tema Nuzulul Quran

Alhamdulillah dari sekian banyak kegiatan yang diikuti tim PPL berjalan dengan baik dan lancar tidak ada suatu halangan apapun..
d.   Pengelolaan sumber belajar
e.    Kendala pelaksanaan PPL








BAB V
Penutup
a.    Simpulan
b.    Saran-saran

2 komentar: