Sabtu, 26 Februari 2011

Penutup


BAB V


A.    Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan penelitian dan menganalisa tentang implementasi model pembelajaran learning by doing dalam peningkatan kreativitas anak dengan mengambil data lapangan dari TKIT Umar bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.    Dalam menyelenggarakan pendidikan prasekolah, TKIT Umar bin Khathab Kudus telah berusaha mengembangkan kemampuan anak secara alamiah sesuai tingkat perkembangannya dengan pendekatan kenyamanan belajar. Dengan demikian metode yang dipilih dan media pembelajaran yang disediakan juga mengarah pada model belajar sambil melakukan sebagai upaya menumbuhkan kreativitas anak. Kesemuannya dikondisikan sesuai ciri pokok TK yaitu menciptakan suasana hidup beragama dalam kehidupan sehari-hari.
Kondisi demikian mencerminkan pelaksanaan kurikulum nasional yang diturunkan dalam kurikulum lokal. Diantaranya pemilihan tema pembelajaran yang diambil dari issue faktual dan aktual serta dekat dengan keseharian anak ditambah dengan pemilihan tema keberagamaan seperti; haji, hakekat Ayah dan Ibu, dll.
2.    Peranan guru dalam pengajaran di TKIT Umar bin Khathab Kudus mempunyai sense pada anak, sehingga mampu menumbuhkan kemampuan berpikir mencipta, kemampuan berpikir untuk pemecahan masalah, dan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Hal tersebut relevan dengan implementasi model pembelajaran learning by doing.
Usaha-usaha yang dilakukan guru adalah konsisten berpegang pada falsafah mengajar dengan mengkondisikan anak untuk senang dan nyaman dalam belajar, menyayangi dan menghargai anak, mendorong anak untuk aktif dalam mengemukakan gagasan, mengembangkan minat dan bakatnya, serta memberdayakan pengalaman belajar yang dekat dengan pengalaman dari dunia nyata.
3.    Peningkatan kreativitas anak telah dipupuk dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang aplikatif. Dalam kegiatan keseharian, anak diajak menghafal bacaan sholat, doa-doa, Surat-surat pendek Al-Qur’an, dan hadits untuk kemudian diterapkan pada kegiatan sholat dan makan bersama. Sedangkan dalam moment-moment tertentu, seperti setelah pelaksanaan haji sekitar bulan dzulhijjah anak diberikan tema pembelajaran haji dengan follow up mengadakan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, menyembelih binatang qurban dan mengajak anak untuk ikut membagikannya pada yang berhak.
Dari pendidikan terpadu tersebut, kebanyakan orang tua anak didik merasakan kemajuan intelegensi, kreativitas dan prilaku anaknya ketika berada diluar lingkungan sekolah. Hasil yang dirasakan tidak lepas dari peran orang tua untuk ikut aktif dalam melakukan bimbingan dan mengontrol kegiatan anak di rumah.
B.     Saran-saran
1.   Dalam menerapkan model pembelajaran learning by doing dalam peningkatan kreativitas anak hendaknya didukung dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Terutama yang berkaitan dengan sarana Ibadah, karena TKIT Umar bin Khathab komitmen mengembangkan keterpaduan pendidikan (ilmu pengetahuan dan agama). Disamping itu gedung sekolah juga belum dimiliki secara permanen dan masih sewa sehingga lokasi sering berpindah. Persoalan tersebut menghambat efektifitas pengajaran bagi anak didik karena mereka membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian lingkungan yang baru.      
2.   Untuk lebih meningkatkan kualitas pengajaran, hendaknya penyerapan tenaga pendidik lebih diperbanyak dari kalangan yang memiliki latar belakang keilmuan pendidikan atau psikologi anak. Hal ini dimaksudkan agar penyelenggaraan pendidikan bersifat profesional.

C.    Penutup
Puji syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan kejernihan berpikir kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Penulis menyadari masih terdapat kekurangan meskipun telah melalui ikhtiar yang maksimal. Semua ini semata-mata merupakan keterbatasan kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan masukan, kritik maupun saran konstruktif dari berbagai pihak untuk kebaikan kedepan.
Akhirnya penulis mohon kepada Allah semoga semua pihak yang telah membantu penyusunan skripsi ini mendapat pahala disisi Allah sebagai balasan amal saleh. Dan penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang bijaksana dan bagi diri sendiri pada khususnya. Amin.



Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar